RSS

Nikmati Episode Hidup Kamu

26 Mei

syukuri-dan-nikmati-waktu-andaRidha menerima kenyataan, adalah satu-satunya cara untuk menikmati hidup di dunia yang sebentar dan sementara ini. Tentu saja ridha menerima kenyataan disini bukan berarti kita pasrah total 100% menerima apa adanya, sehingga gak mau bertindak sama sekali. Yang seperti itu keliru, Sob. Ridha itu adalah amalan hati, kita wajib selalu ikhtiar untuk memperbaiki kenyataan dengan cara yang diridhai Allah Swt. Keadaan hati yang ridha sangat membantu kita menjadikan proses ikhtiar itu menjadi lebih baik.

Beda lagi dengan orang stress. Orang yang stress adalah orang yang gak punya kesiapan mental menerima kenyataan yang ada. Pikirannya gak realitis dan nggak menerima kenyataan. Sibuk menyesali apa yang sudah terjadi kepadanya. Sungguh, kesengsaraan dan kepedihan hidup yang dibuat dan dirasakan dirinya sendiri. Gak nyaman ‘kan, Sob?

Sebenarnya hidup kita ini terdiri dari berbagai macam episode dan alur cerita yang gak pernah membosankan dan monoton. Iya, nggak. Percaya deh. Tinggal kamunya saja bagaimana cara menjalaninya. Kenang deh perjalanan hidup kamu selama ini, ambil pelajaran dari setiap episode yang sudah kamu lalui. Kenang dengan kelapangan dada, lembutnya hati, dan keikhlasan. Hidupmu indah!

Gak ada gunanya juga menyelimuti kenyataan hidup ini dengan keluh kesah. Gak ada gunanya. Itu gak mungkin dan gak bakal nyelesaiin masalah kamu, itu hanya akan menambah luka yang kamu alami. Tapi atasi dengan hati yang ridha, nikmati setiap episode hidup kita ini, sambil selalu berikhtiar memperbaiki kenyataan dengan cara yang diridhai Allah Swt.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati dalam kebenaran dan nasehat-menasehati dalam kesabaran. (QS. Al-Ashr :1-3)

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Mei 2014 in Dakwah Blog

 

Tag: , , , , , , ,

2 responses to “Nikmati Episode Hidup Kamu

  1. Titis Ayuningsih (@titis_blog)

    23 Februari 2014 at 7:44 pm

    Untuk saat ini saya lagi belajar kesabaran dan sabar, berharap dibalik kesabaran tersebut ada hikmah yang luar biasa 🙂

     
    • asiqbaal

      24 Februari 2014 at 10:57 am

      Benar mbak, hidup adalah untuk belajar dan terus belajar, termasuk belajar tentang kesabaran. Akan ada hikmah luar biasa untuk mereka yg lulus ujian kesabaran. InsyaAllah.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: