RSS

Tiga Nikmat Besar

26 Mei

nikmat-allahGak bisa dipungkiri, kita hidup dan diberikan kehidupan oleh Allah di dunia ini dibekali dengan nikmat-nikmat yang tiada terkira. Ada begitu banyak nikmat yang Allah berikan untuk kita. Dari sekian banyak nikmat, jika digolongkan maka bolehlah kita menyebutnya tiga golongan nikmat besar, yaitu nikmat kehidupan, nikmat kemerdekaan dan nikmat Iman dan Islam.

  • Nikmat kehidupan—adalah nikmat umum yang dilimpahkan untuk makhluk-Nya. Kenapa kukatakan nikmat yang umum? Ya, karena nikmat ini adalah nikmat yang semua orang juga diberi. Allah gak pilih-pilih kasih akan nikmat ini, baik itu umat Nabi Muhammad SAW atau bukan, semua diberi. Kita diberi mata untuk melihat, mereka yang kafir juga diberi mata untuk melihat. Kita diberi telinga untuk mendengar, mereka yang durhaka juga diberi telinga untuk mendengar. Kita diberi kaki untuk berjalan, mereka yang sesat juga diberikan kaki untuk berjalan. Kita bernafas, makan, minum, dan tidur, mereka yang kafir, durhaka dan sesat juga begitu, bernafas, makan, minum dan tidur. Sama, nggak berbeda. Namun, selalu sisipkanlah do’a dan syukur agar itu bisa menjadikan kita berbeda dari mereka.
  • Nikmat kemerdekaan—selanjutnya nikmat kemerdekaan. Iya, merdeka juga nikmat yang Allah anugerahkan untuk kita, baik itu merdeka dari penjajahan maupun merdeka dari perbudakan. Nikmat ini sedikit lebih tinggi dari nikmat kehidupan. Kenapa? Karena masih banyak negara yang belum mendapatkan kemerdekaan, masih ada banyak orang-orang yang tertindas. Beruntung, kita sudah merdeka dari penjajahan dan perbudakan sejak tahun 1945 lalu. Sudah sepatutnya kita berterimakasih dan menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia, berjuang demi nikmat kemerdekaan ini, darah dan nyawa mereka jadi taruhannya. Dan sekarang kita tanam rasa syukur dan nggak melupakan perjuangan para pahlawan negeri.
  • Nikmat IMAN dan ISLAM—nikmat ini adalah nikmat yang paling besar dianugerahkan Allah SWT kepada mereka yang beriman dan berislam. Nggak semua orang diberi nikmat ini, Nggak semua orang ngerasain nikmat ini. Hanya orang-orang yang memilih kebenaran sebagai jalannya, hanya orang-orang yang mempercayai Allah dan Rasul-Nya sebagai tujuannya. Kita adalah orang-orang pilihan yang memeluk agama Allah, sudah sewajarnya kita mensyukuri atas Allah anugerahkan. Subhanaallaah, Maha Suci Allah. Ya Robb, tunjukkan kami jalan yang lurus—jalan yang Kau ridhoi. Aamiin.

Itulah tadi nikmat besar yang Allah karuniakan kepada kita semua. Beruntung sekali kita yang memiliki tiga nikmat besar ini. Alhamdulilaah—segala puji bagi Allah. Yuk, sama-sama kita belajar bersyukur atas tiga nikmat besar ini.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Mei 2014 in Dakwah Blog

 

Tag: , , , , , , ,

2 responses to “Tiga Nikmat Besar

  1. Khoiruddin Siregar

    24 Februari 2014 at 11:29 am

    Ada yang kurang, ‘nikmat sehat’ juga maunya dimasukkan..
    Hehehe..

    Salam kenal, ya mas..

     
    • asiqbaal

      24 Februari 2014 at 11:39 am

      Salam kenal juga mas, terimakasih sarannya dan maaf jika blog maupun isinya masih kurang bagus, saya baru belajar mas.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: